Mengenal Sosok Kimono Mom yang Dulunya Seorang Geisha

kimono-mom

Menjadi seorang Geisha pada usia muda bukanlah perkara mudah, disaat wanita seusianya menikmati masa muda mereka, Moe (sebutan untuk Kimono Mom) harus belajar untuk menjadi maiko atau geisha muda dan akhirnya menjadi Geisha di kota kelahirannya di Kyoto. 

“Saya berada di Gion dan keindahan dari apa yang saya lakukan berasal dari tidak mengungkapkan semuanya, ”katanya. “Menyembunyikan adalah keindahannya, dan saya tidak pernah meninggalkan kehidupan pribadi saya di sana” ungkap Moe dikutip dari Japan Times. 

Setelah bertahun – tahun menjadi seorang Geisha, pada awal tahun lalu, di tengah pandemi Covid-19, Moe memulai karirnya menjadi seorang Youtuber dengan nama Kimono Mom. Moe membagikan video dirinya memasak masakan rumahan khas Jepang.

Ditemani putri kecilnya, Sutan, dan dengan Kimono yang menjadi ciri khasnya. Moe membagikan cara memasak makanan Jepang yang umum dikenal banyak orang seperti, Ramen, Takoyaki, maupun makanan Jepang yang mungkin kurang dikenal banyak orang seperti Cabbage Rolls, Koroke/Kroket, Oden, dan sebagainya. 

Credit: Instagram (Kimono Mom)

Dikutip dari Manila Bulletin, Moe mengakui bahwa awalnya menjadi Geisha merupakan pekerjaan terberat. Tetapi setelah ia menjadi seorang ibu, Moe menyadari bahwa tidak ada pekerjaan yang lebih berat dari menjadi seorang ibu, dan ia berterima kasih kepada Ibunya yang telah membesarkan dirinya menjadi seperti sekarang ini. 

Baca juga: Representasi Budaya Patriarki Dibalik Film Mulan

Sosok Kimono Mom menjadi terkenal setelah video tentang kesehariannya yang diliput oleh salah satu Youtuber asal Filipina, Paolo From Tokyo. Semenjak saat itu, nama Moe mulai dikenal banyak orang. Selain parasnya yang cantik, Moe dikenal cukup sabar dalam menghadapi putri kecilnya yang sangat aktif. 

Sebelum memulai karirnya menjadi seorang Youtuber pada awal tahun 2020, Moe mengakui bahwa dia tidak pernah menonton Youtube maupun televisi. Pengalaman yang ia alami sebagai seorang ibu itulah yang mendasari dirinya untuk memulai menjadi seorang Youtuber.

“Membesarkan anak adalah hal tersulit yang pernah saya alami dalam hidup saya. Saya tidak ingin menjadi ibu rumah tangga, saya ingin tetap bekerja. Tapi membesarkan seorang anak terlalu sulit. Saya mengalami kesulitan untuk sementara waktu.” ungkap Moe dikutip dari Japan Times.

Credit: Instagram

 

Saat ini kanal Kimono Mom di Youtube sudah memiliki lebih dari 700 ribu pengikut, dan salah satu kelebihan dari kanal tersebut dibandingkan dengan kanal parenting atau memasak lainnya adalah semua video yang dibuatnya terasa natural. 

Dalam salah satu videonya, ketika Moe sedang mempersiapkan udang untuk dijadikan ebi furai, Sutan tidak sengaja menjilati udang mentah, Moe pun dengan sigap langsung memisahkan udang tersebut dan mengajarinya cara memisahkan kulit udang. 

Moe tidak menghilangkan bagian sulit menjadi seorang ibu dalam video-videonya. Nilai orisinalitas itulah yang menjadikan Moe lebih menonjol dibandingkan dengan content creator lainnya. Semenjak banyak dari penontonnya datang dari berbagai negara, Moe perlahan mulai belajar bahasa Inggris dan hal ini juga diterapkan pada Sutan untuk mempelajari bahasa Inggris sejak dini.

     Credit: Instagram (Kimono Mom)

Beberapa waktu lalu, Youtuber asal Indonesia, Jerome Polin berkunjung ke kediaman Moe di Tokyo. Jerome pun disambut hangat oleh Moe, beserta suaminya Motoki dan putri kecil mereka Sutan. Tak tanggung-tanggung, Jerome pun dijamu dengan makanan khas Indonesia seperti gado-gado, nasi goreng, dan bakso. Ketika ditanya oleh Jerome apakah Moe pernah ke Indonesia, Moe menjawab bahwa dulu ia sempat tinggal di Bali selama 3 tahun, dan bisa sedikit memperkenalkan diri dalam bahasa Indonesia.

Tidak hanya itu, suaminya yang seharusnya berangkat keluar kota karena pekerjaan rela menunggu Jerome datang dan memberikan hadiah berupa kue yang dihiasi tulisan khas kanal Jerome yaitu Nihonggo Mantappu yang dibuat sendiri, setelah itu baru ia meninggalkan istri dan anaknya untuk urusan pekerjaan. 

    Credit: Instagram (Kimono Mom)

     

Dengan kesibukannya sebagai seorang content creator dan ibu rumah tangga, Moe mencoba membagi waktunya dengan sebaik-baiknya. Suaminya yang merupakan pemilik restoran kelas atas di Tokyo terkadang juga membantu Moe menjaga Sutan ketika Moe sedang sibuk, dan tidak jarang suaminya juga ikut hadir dalam videonya. Bahkan dalam salah satu video, suaminya rela menjadi bapak rumah tangga dalam sehari. Mulai dari mengurus Sutan, memasak, hingga menyiapkan pesta kejutan untuk istri tercintanya. 

Meskipun sudah dikenal banyak orang, Moe tetaplah seorang ibu rumah tangga yang memiliki kesibukan yang cukup merepotkan. Meski melelahkan, hal tersebut tidak akan merubah apapun.

“Saat saya mengedit video, memikirkan penonton saya atau bahkan membaca komentar mereka, itulah waktu saya untuk beristirahat dari membesarkan anak dan melakukan pekerjaan rumah tangga, Sejujurnya, saluran YouTube telah menyelamatkan hidup saya.” ungkap Moe yang dikutip oleh Japan Times.

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.