Jangan Sembarangan, Ketahui Masa Kadaluarsa Makeup!

make-up

Makeup sudah tentu menjadi kebutuhan dasar bagi sebagian besar wanita yang tidak dapat dipisahkan. Bahkan, ada yang sampai membeli banyak produk untuk satu jenis barang kosmetik. Sama halnya dengan makanan, produk kecantikan pun memiliki masa habis pakai. Biasanya perempuan langsung memakai kosmetik, dan tidak memperhatikan tanggal kadaluarsa terlebih dahulu. Hal ini tentu menyebabkan kulit menjadi rusak. Alih-alih ingin merias wajah supaya terlihat lebih cantik, tapi justru merusak kulit wajah.

Padahal setiap produk kosmetik pasti memiliki tanggal kadaluarsa. Sebab bahan-bahan yang terkandung di dalamnya dapat berubah sepanjang waktu. Kandungan dalam produk kosmetik dapat berubah sehingga komposisi bahan juga dapat berubah jika disimpan terlalu lama. Tanggal kadaluarsa berguna untuk memberi tahu kamu kapan batas pemakaian produk tersebut. Produk kosmetik yang sudah melewati tanggal kadaluarsa artinya sudah tidak layak untuk kamu pakai.

Jangan khawatir, beberapa perusahaan besar kini telah mencantumkan beragam informasi seputar masa produksi beserta tanggal kadaluarsa di setiap kemasan produk. Jika Anda perhatikan, banyak simbol yang tertera pada kemasan yang berkaitan dengan masa simpan produk dan huruf-huruf seperti “M” yang melambangkan Month atau “Y” untuk Year. Kode “12 M”, misalnya, memiliki arti bahwa produk tersebut akan bertahan selama 12 bulan sejak kemasan dibuka pertama kalinya. 

Berikut ini merupakan panduan berapa lama produk makeup dapat bertahan:

1. Foundation, Concealer, dan Make Up Berbahan Dasar Liquid

Gambar foundation bagi wanita
Gambar foundation bagi wanita (Credit Image: freepik.com)

Produk kosmetik cair umumnya menggunakan bahan dasar air, tempat favorit bakteri untuk berkembang biak. Jika dibiarkan tertutup, jenis produk ini bisa awet hingga tahunan, namun begitu segel dibuka, lebih baik rutin mengganti produk kesayangan Anda setiap 6-12 bulan. Foundation yang sudah kadaluarsa malah akan menyumbat pori-pori kita. Kulit akan kemerahan dan terasa gatal. Karenanya, kalau foundation sudah berubah warna maupun teksturnya, sebaiknya jangan dipakai lagi. Untuk alas bedak cair, biasanya akan terlihat lapisan-lapisan aneh di dalam botolnya.

2. Bedak, Eyeshadow, Blush On Powder Berbahan Dasar Padat

Gambar blush on padat
Gambar blush on padat (Credit Image: freepik.com)

Kosmetik dengan bentuk powder biasanya memang lebih lama masa kadaluarsanya dibanding yang berbentuk cair. Jadi, blush on, bedak, atau eyeshadow bisa bertahan sekitar 2 tahun. Tapi, segera singkirkan dan jangan dipakai lagi kalau warnanya berubah menjadi gelap, serta teksturnya berubah menjadi pecah-pecah. Jangan lupa segera tutup produk setelah digunakan agar tidak ada bakteri yang masuk ke pallete make up Anda.

3. Maskara

Gambar wanita sedang memakai mascara
Gambar wanita sedang memakai mascara (Credit Image: freepik.com)

Pemakaian maskara yang buka tutup menjadi sarang tempat bakteri berkumpul seiring berjalannya waktu. Masa simpan produk ini adalah 2-3 bulan. Segera ganti mascara Anda jika maskara Anda sudah keras, menggumpal, atau berbau aneh. Jangan berbagi maskara untuk menghindari penyebaran bakteri. Jika diharuskan, selalu siap sedia aplikator sikat sekali pakai.

4. Lipstik & Lipgloss

Gambar wanita sedang menggunakan lipstick
Gambar wanita sedang menggunakan lipstick (Credit Image: freepik.com)

Pada umumnya, perona bibir ini bertahan hingga 18 bulan. Namun, sebaiknya segera ganti lipstik bila warna, bentuk, dan aromanya mengalami perubahan signifikan. Kandungan air dalam lipstik terbilang rendah, hampir tidak ada, namun kontaminasi bakteri tetap mungkin terjadi karena penggunaan produk yang rutin di area bibir. 

Nah, itu tadi beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mengetahui masa pakai produk makeup Anda. Jangan sampai Anda terlena membeli banyak produk lalu mengabaikan begitu saja. Beli produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda, daripada Anda membuang-buang produk yang baru sedikit Anda pakai karena telah kadaluarsa.

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.